Jumat, 13 Desember 2013

Air Panas Guci Diyakini Bikin Awet Muda

BERLIBUR tidak hanya dilakukan bagi orang yang sehat. Orang yang sedang sakitpun ternyata sangat dianjurkan melakukan liburan demi membantu penyembuhan penyakit yang sedang diderita. Tentunya tujuan liburan bagi si sakit bukanlah sembarang tempat liburan. Nah, salah satu tujuan itu adalah pemandian air panas alami di Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.
Mandi air panas terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Tak heran selain sebagai tempat wisata, tempat-tempat pemandian air panas alam juga sebagai terapi kesehatan alami. Dengan berendam di pemandian air panas, penyakit seperti rematik, gatal-gatal, dan penyakit kulit lainnya bisa sembuh tanpa obat-obatan.
Air panas juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas, memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, serta sangat efektif menghilangkan pegal-pegal. Jangan heran jika weekend tiba, banyak pengunjung memadati pemandian air panas Guci untuk menyegarkan badan setelah sepekan beraktivitas. ”Banyak orang yang mempercayai, mandi air panas di Guci bisa buat awet muda. Bahkan, bisa mengharmoniskan hubungan suami istri,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Tegal Chusnannupik SE didampingi Kepala UPTD Guci Tanto Karno, baru-baru ini.
Jumat Kliwon
Pada malam Jumat Kliwon juga penuh pengunjung. Ya, mereka berendam malam-malam untuk mendapatkan manfaat dari air panas Guci. Sebagian masyarakat percaya saat berendam pada malam Jumat Kliwon, bisa mempererat harmonisasi suami istri. Tidak usah takut dengan bau belerang, karena air panas Guci hanya memiliki kandungan belerang sekitar 0,01 persen. Jadi, pengunjung bisa berlama-lama rendam tanpa sesak nafas dengan bau belerang. ”Air panas Guci satu-satunya di Indonesia yang tidak berbau belerang,” ujar Tanto Karno.
Objek Wisata Guci yang terletak di kaki Gunung Slamet bagian Utara dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan air laut, itu memiliki berbagai fasilitas pemandian air panas, baik yang terbuka dan tertutup. Hawa sejuk Guci yang memiliki suhu sekitar 20 derajat celcius, itu tak hanya menyuguhkan berbagai keindahan alam. Namun, juga menyediakan penginapan dengan berbagai tipe. Jadi, objek wisata air panas Guci agaknya yang paling cocok untuk melewati liburan Natal dan tahun baru kali ini. (Dwi Putro GD-48,15)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes