Jumat, 13 Desember 2013

14 Hari Operasi Zebra 1.881 Kendaraan Ditilang

14 Hari Operasi Zebra 1.881 Kendaraan Ditilang
KAJEN - Sebanyak 1.881 kendaraan ditilang dalam Operasi Zebra 2013 yang digelar oleh Polres Pekalongan selama 14 hari, mulai 28 November hingga 11 Desember  2013. Kapolres Pekalongan AKBP Fajar Budiyanto melalui Kasat Lantas AKP Tahrim mengatakan, selain menilang 1.881 kendaraan, pihaknya juga menyita 1.188 SIM dan 693 STNK. ‘’Kami juga menyita 207 sepeda motor dan tujuh mobil, karena tidak memiliki surat tanda kendaraan resmi,’’ katanya.
Diungkapkannya, selama operasi kali ini, jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai sepuluh kejadian. Dengan rincian satu meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit selama sembilan hari, empat mengalami luka berat, dan delapan luka ringan. Adapun dalam sidang tilang pertama yang dilakukan Kamis (12/12) kemarin, terdapat sebanyak 527 kendaraan disidang terpantau dengan baik. Metode yang digunakan dengan cara menahan kendaraan dan surat-surat selama dua minggu, dirasa cukup membuat efek jera bagi pemiliknya.
Hal tersebut, terlihat dari kepatuhan masyarakat menggunakan helm saat mengendarai kendaraan. ‘’Atas dasar memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berlalu lintas dengan baik dan benar, pihak kepolisian juga memberikan kejutan bagi yang beruntung. Yakni berupa pemberian helm berstandar SNI untuk mencairkan suasana,’’ tuturnya.
Ada 50 helm yang rencananya dibagi secara bertahap setelah sidang. Helm tersebut bertuliskan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. ‘’Dengan helm itu kami berharap sekaligus menjadi imbauan kepada masyarakat untuk taat UU lalu lintas.’’ (H79-48)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes