Senin, 04 Februari 2013

Waktu Yang Tepat Untuk Bercocok Tanam



Waktu Yang Tepat Untuk Bercocok Tanam

Musim hujan datang merupakan sebuah isyarat bagi para petani dan sekaligus tanda bahwa waktu yang tepat untuk bercocok tanam telah tiba. Sebelum hujan turun, biasanya petani sudah mulai mempersiapkan segala hal yang perlu dilakukan ketika hujan tiba nanti, misalnya menabur benih tanaman, membaj4k sawah, dan persiapan lainnya.

Ketika hujan turun, benih padi yang sudah tertanam didalam tanah tinggal sedikit di olah yaitu digemburkan tanahnya dan padi pun siap tumbuh. Sedangkan kegiatan lainnya masih sangat banyak, mulai dari menanam benih kacang-kacangan, jagung, ketela pohon, maupun yang lainnya dimulai pada saat hujan pertama kali turun.

Seperti juga yang sekarang ini sedang berlangsung di Desa Prapag Kidul, kemarin dan hari ini adalah permulaan turunnya hujan. Para petani sibuk mempersiapkan segala hal untuk memulai pekerjaan mereka dimusim hujan ini.

Terlihat sudah mulai banyak yang menanam benih jagung dan kacang, semua bekerja bahu membahu turun ke ladang. Bagi yang punya lembu, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menggemburkan tanah diladang yang sebelumnya sudah ditanami benih padi. Sedangkan bagi yang tidak memiliki lembu, mereka bekerja menggunakan cangkul atau menyewa traktor.

Kedatangan musim hujan merupakan hari yang sibuk bagi para petani, sekaligus awal dari langkah mereka menyambut hasil panen yang telah mereka kerjakan dan tinggal menunggu hasilnya beberapa bulan mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes