Senin, 04 Februari 2013

Cara Melatih Mental Anak Menjadi Pribadi yang Cerdas



Bagaimanakah cara melatih mental anak yang baru sekolah agar berani berbicara didepan umum? Kadang kita sedikit kesulitan kalau harus melatih keberanian anak untuk membaca dan juga konsentrasi dengan belajarnya disekolah. Memang diperlukan kesabaran untuk mendidik anak yang baru menapaki masa tumbuh kembangnya.

Cara Melatih Mental Anak

Sebagai orang tua tentu kita menginginkan anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan mampu hidup mandiri. Pendidikan dini bagi anak sangat menentukan tingkat kecerdasan anak dimasa depan, hal ini tentu juga berpengaruh pada kehidupan sang anak nantinya.

Berikut ini beberapa tips menerapkan disiplin pada anak dan juga melatih kecerdasan mental pada anak:
  1. Ajarkan kepada anak bagaimana memutuskan suatu masalah dan memilih mana keputusan yang tepat untuk ditempuh. Misalnya dalam hal bermain, latih anak anda bagaimana dia harus bertanggung jawab atas keputusannya tersebut.
  2. Ajarkan pada anak bagaimana seharusnya menghadapi masalah dan menyelesaikan kesulitan yang datang. Dengan demikian maka dari segi pemikiran anak akan mulai memiliki kepribadian yang tangguh.
  3. Ajarkan pada anak bahwa setiap kegagalan yang ditemui bukan merupakan akhir segalanya. Ajak dia untuk menganalisa apa saja penyebab kegagalan tersebut, sehingga dia lebih mudah untuk bangkit kembali.
  4. Latih anak anda untuk selalu bersikap optimis.
  5. Jangan terlalu keras dalam mendidik anak, berikan kebebasan untuk dia mengutarakan pendapatnya.
  6. Jadilah contoh yang baik bagi anak, agar apa yang dia lihat dari diri anda dapat diterapkan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes